-->

Sunday, October 30, 2016

TANDA - TANDA KERUSAKAN HARDISK LAPTOP THOSIBA C800 DC 2020 YANG SERING TERJADI



Hay guys, kali ini saya akan membahas tentang TANDA-TANDA KERUAKAN HARDISK LAPTOP THOSIBA TIPE C800 DC 2020  yang sering terjadi. Agar anda lebih mengenal laptop ini, silahkan baca spesifikasi LAPTOP THOSIBA TIPE  C800 DC 2020 yang menjadi salah satu produk terlaris dan terbaik di tahun ini.

ntel Dual-Core 2020M 2.4 GHz / 500GB HDD / 2GB DDR3 / 14" inch / LAN / CAMERA / WIFI / HDMI / DVD-RW / READER / Bluetooth
dan laptop ini di banderol dengan harga : Rp. 4.099.000

Kerusakan hardisk adalah masalah yang selalu membuat semua orang pusing. Apalagi, kalau semua file kerjaan/kuliah anda ada di dalam laptop/PC  Seiring berjalannya waktu, setiap hardisk pasti bakal rusak, tapi bukan berarti semuanya rusak dengan penyebab yang sama. Saat ini, rata-rata masa penggunaan hardisk adalah 6 tahun, kurang lebih 50%-nya bisa bertahan lebih dari itu. Biasanya, kerusakan yang terjadi pada hardisk disebabkan oleh kesalahan produksi, tetapi lebih sering lagi kerusakan disebabkan karena kita tidak memakai dan merawat hardisk dengan benar.
Ada baiknya kita secara rutin mengecek tanda-tanda kerusakan pada hardisk untuk mengetahui kondisi hardisk kita. Semakin cepat kita mendeteksi tanda-tanda kerusakan pada hardisk, semakin cepat pula kita memperbaiki kerusakan tersebut sebelum terlanjur parah. Maka dari itu, mari kita simak tanda-tanda dan diagnosa kerusakan hardisk dibawah ini.

Tanda-tanda kerusakan hardisk

1.       Data tiba - tiba menghilang:
Ini adalah ciri – ciri yang paling menyusahkan semua pengguna laptop. Kehilangan data bisa disebabkan oleh kerusakan mekanis dalam hardisk tersebut. Dalam berbagai macam kasus, kita biasanya mendengar suara yang tidak biasa ketika hardisk sedang kita gunakan atau tiba – tiba terjadi bluescreen.
3.       Data 'corrupt':
Jika anda telah mengunduh suatu file dan menginstallnya tanpa halangan, namun tiba-tiba filenya menjadi corrupt, maka kemungkinan hardisk anda sedang mengalami gradual failure.
.       Komputer 'freeze' atau 'hang':
'Hang' dalam komputer memang biasa terjadi dan bisa diperbaiki dengan melakukan reboot. Hang ini biasanya, laptop kita masih dalam keadaan namun tiba – tiba membeku dan tidak bisa gunakan apa – apa Namun, jika  hang itu sering terjadi, maka kemungkinan kondisi hardisk anda dalam keadaan sekarat.

4.       Bad sector:
Satu sector pada hardisk menyimpan beberapa data yang bisa diakses pengguna. Ada dua jenis sector, sector soft dan sector hard. Dalam banyak kasus, Windows bisa memperbaiki kerusakan soft sector dengan cara memformat ulang hardisk. Tetapi, jika ada kerusakan hard sector, ini mengindikasikan kerusakan fisik, yang tidak bisa diperbaiki.
5.       Suara aneh:
Biasanya, apabila hardisk laptop anda baik, saat laptop di nyalakan akan terdengar suara mesin yang halus. Namun Kalau hardisk anda mengeluarkan suara yang tidak biasa seperti suara berdecit atau melengking, itu merupakan ciri – ciri hardisk anda sudah rusak agak parah.
6.       Bluescreen
Yaitu layar laptop tiba – tiba menjadi biru dan laptop tidak bisa di gunakan. Hal ini, tidak selalu menjadi ciri – ciri kerusakan hardisk, bisa juga RAM anda bermasalah. Dan apabila laptop anda tiba – tiba mengalami bluescreen, segeralah back-up semua data penting anda ke hardisk external atau dvd.

Sekian tips saya yang berjudul  TANDA - TANDA KERUSAKAN HARDISK LAPTOP THOSIBA C800 DC 2020  YANG SERING TERJADI  dan khusunya bagi pengguna LAPTOP THOSIBA TIPE  C800 DC 2020, rajin -  rajinlah merawat  laptop anda agar terhindar dari kerusakan hardisk. Sehingga, semua data anda aman di dalamnya dan ada bebas menggunakannya.
Back to Top