-->

Sunday, October 30, 2016

5 PENYEBAB DAN CIRI-CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP ACER SERIES



Seiring berjalannya waktu, setiap hardisk pasti bakal rusak, tapi bukan berarti semuanya rusak dengan penyebab yang sama. Saat ini, rata-rata masa penggunaan hardisk adalah 6 tahun, kurang lebih 50%-nya bisa bertahan lebih dari itu. Biasanya, kerusakan yang terjadi pada hardisk disebabkan oleh kesalahan produksi, tetapi lebih sering lagi kerusakan disebabkan oleh penggunanya yang tidak memakai dan merawat hardisk dengan benar.
Untuk sebagian orang, mungkin ini akan sedikit aneh dan membingungkan. Hardisk kan hanya ditempatkan di dalam komputer, apa memang perlu dirawat? Daripada anda bingung sendiri. Mari kita lihat penyebab-penyebab kerusakan hardisk yang umum terjadi pada laptop acer series dan bagaiman cara merawatnya dengan benar.
Nah, untuk kali ini, saya akan membahas tentang kerusakan hardisk pada laptop acer yang sering di alami oleh orang – orang, namun mereka jarang mengetahui ciri – ciri ini. Ciri – ciri ini, juga terjadi pada semua tipe laptop acer yang beredar di pasaran. Jadi, yuk kita intip ciri-ciri kerusakan hardisk pada laptop acer di bahaw ini.

Penyebab dan Ciri – Ciri Kerusakan Hardisk Laptop Acer

Kerusakan Fisik

Kerusakan hardisk yang paling sering di alami oleh – oleh pengguna laptop acer adalah kerusakan pada FISIKNYA. sebenarnya fisik Hardisk itu tidaklah sekokoh kelihatannya, dia adalah komponen paling sensitif dan lemah dari yang anda kira – ada beberapa bagian yang bisa rusak dengan sedikit benturan bahkan biasanya di sebabkan karena temperatur panas yang terlalu tinggi. Apalagi jika benturan terjadi ketika hardisk sedang berputar, hal ini bisa menyebabkan data corrupt pada hardisk.

Solusinya adalah:

Untuk keamanan maksimal, jangan pernah melepas hardisk dari komputer setelah anda memasangnya. Jika memang harus dilepaskan, maka harus dilakukan dengan cepat dan menggunakan alat yang tepat jika dibutuhkan.
Jangan goyangkan atau pindahkan komputer jika komputer masih menyala. Simpan komputer ditempat yang aman dari guncangan dan senggoalan  yang tidak disengaja.
Untuk laptop, anda harus lebih berhati-hati karena laptop sering diangkat dan dipindah-pindahkan.

Hardisk Kepanasan

Seperti komponen komputer yang lain, hardisk dibuat untuk beroperasi pada suhu optimal yang sudah ditentukan. Suhu optimal biasanya berbeda-beda untuk setiap model hardisk. Masalahnya adalah menjaga agar suhu hardisk tidak overheat atau kepanasan. Jika anda kurang rajin dalam menjaga aliran udara tetap normal dalam komputer, maka panas bakal lebih cepat terakumulasi dan menyebabkan kepanasan yang dapat menyebakan rusaknya hardisk pada laptop/PC.

Solusinya :

Pertama, anda harus rajin membongkar komputer (dalam keadaan dingin dan tidak menyala) dan bersihkan setiap debu dan kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Gunakan kompressor udara agar lebih mudah dan cepat dalam membersihkan debu atau alternatifnya, anda bisa memakai kuas cat untuk membersihkan hardisk. dan Pastikan kipas berputar dengan baik.
Laptop lebih sulit dari komputer desktop. Ukurannya yang kecil membuat debu terakumulasi dengan cepat, membersihkannya adalah prioritas utama. Pastikan juga laptop ditempatkan diatas alas yang datar untuk meminimalir debu dan memaksimalkan sirkulasi udara. Anda dapat juga membeli cooling pad/kipas pendingin untuk menjaga laptop agar tidak kepanasan.

Defragmentasi Hardisk

Defragmentasi hardisk bukan merupakan penyebab langsung dari kerusakan hardisk. Namun, ini bisa menyebabkan hardisk bekerja lebih keras dengan menyulitkan hardisk dalam menemukan pecahan-pecahan data yang menyusun suatu file. Karena itu, hardisk bisa menjadi lebih cepat rusak.

Solusi

Simpel, defragmentasi hardisk. Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi defragmentasi yang biasanya sudah tersedia di OS Windows atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh dari internet seperti CC CLEANER.
Namun, defragemntasi terlalu sering adalah malah akan menyebabkan hardisk mengalami kerusakan software . Defragmentasi dilakukan hanya saat fragmentasi hardisk lebih dari 5% atau idealnya, 2 kali dam sebulan.
Sebagai bonus, deframentasi hardisk bisa mempercepat kinerja komputer karena file-file dapat diakses dari hardisk lebih cepat.

Terlalu Sering Menghidupkan-Mematikan Komputer

Aksi yang paling berat bagi hardisk adalah ketika komputer sedang dinyalakan atau dimatikan. Terlalu sering mempercepat putaran hardisk atau memperlambatnya bisa mempercepat kerusakan pada hardisk. disini saya membahas tentang mematikan langsung memakai tombol power. Apabila anda mematikan melalui jalur SHUTDOWN, no problem

solusi

matikanlah laptop dengan prosedur dengan yang sudah ada. Yaitu mematikan melalui tombol SHUTDOWN. Jangan langsung menekan tombol power pada laptop, hal ini, akan menyebabkan hardisk laptop cepat rusak

Lonjakan Listrik

Tegangan listrik tidaklah konstan. Ada kalanya arus melonjak lebih dari kondisi normal walaupun hanya dalam beberapa nanodetik, itulah yang dinamankan lonjakan tegangan listrik. Lonjakan listrik bisa merusak alat elektronik, termasuk komponen komputer. Satu kali lonjakan listrik bisa saja merusak hardisk anda.

Apa yang anda bisa lakukan?

Beli pencegah lonjakan arus listrik atau stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Atau beli UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk mencegah komputer kehilangan tegangan listrik secara tiba-tiba sekaligus menjaga agar tidak terjadi lonjakan listrik. Dan jangan membiasakan mengecas laptop tanpa batre, karena, apabila ada konsleting listrik, laptop akan langsung mati dan akan sangat mempengaruhi kesehatan hardisk itu sendiri.

Kesimpulan

Sebenarnya, kerusakan hardisk itu bisa di cegah, asalkan penggunanya rutin merawatnya. Apalagi, hardisk pada laptop acer itu kualitasnya sangat baik. Jadi, rajin – rajinlah merawatnya sehingga anda aman memakainya dan data pada hardisk anda tetap tersimpan dengan rapi tidak takut akan file yang tiba-tiba hilang.
Sekian tips dari yang berjudul 5 PENYEBAB DAN CIRI-CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP ACER SERIES. Semoga, artikel singkat ini, bermanfaat untuk kalian. cheers
Back to Top