-->

Tuesday, January 24, 2017

Cara benar defrag hardisk dengan program bawaan windows 7

| 5:12 AM |


            Mendefrag hardisk adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan kinerja laptop atau pc kamu, bayangkan jika hardisk kamu adalah sebuah lemari arsip, jika kamu seperti kebanyakan orang, menyimpan surat-surat atau dokumen dalam folder abjad pasti kamu akan dengan mudah menemukan surat atau dokumen yang kamu cari.

            Bayangkan lagi jika kamu tidak menyimpan surat-surat atau dokumen tersebut dalam folder abjad dalam lemari arsip kamu, tentu kamu akan sangat kesulitan dan membutuhkan waktu lama dalam mencari surat atau dokumen yang kamu inginkan, dikarenakan kamu tidak tau dimana dokumen kamu berada karena disebabkan lemari arsip kamu yang acak-acakan dan tidak tertata. 

            Ini sama halnya dengan hardisk kamu yang belum terfragmentasi, di butuhkan komputer lebih banyak waktu untuk menemukan file atau dokumen yang tersebar di sana-sini, ini yang menyebabkan laptop atau pc kamu lambat / lemot.

            Dengan mendefrag hardisk kamu bisa memulihkan kinerja komputer atau laptop kamu, ini semacam menata ulang file-file dan program-program yang ada di dalam hardisk. 

            Defragmen hardisk tersedia di windows xp dan vista meskipun ada perbedaan antara keduanya, perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa di windows vista kita bisa menjadwalkan kapan kita ingin mendefrag hardisk kita, sedangkan di versi windows xp kita melakukan defrag dengan manual, sedangkan di windows 7 perubahan yang menonjol berada pada tampilanya saja yang sudah berubah total.



  •  Persiapan komputer untuk proses defrag

          Sebelum kamu mendefrag pc atau laptop kamu, terdapat langkah- langkah yang harus kamu perhatikan sebelum proses defrag.

Sistem operasi windows menempatkan file dan program di mana terdapat ruang yang kosong di dalam hardisk, bisa saja satu file tidak menempati lokasi yang semestinya da dalam hardisk, seiring dengan waktu file-file di dalam hardisk akan menjadi acak dan tidak teratur dengan ratusan file rusak di dalamnya.
Proses defragmentasi menempatkan semua bagian file bersama-sama de tempat yang sama pada hardisk ( menata ulang ).

Untuk memulai proses defrag lakukan langkah-langkah berikut

1.       Pastikan kamu sudah backup semua file terpenting kamu  
       start-accessories-system tools-system restor
2.       Pastikan hardisk kamu sehat, cek dengan “CHKDSK” kunjungi artikel saya tentang cara cek hardisk.
3.       Tutup semua program yang sedang terbuka termasuk virus scanner dan program lain yang memiliki ikon di system tray ( sisi kanan task bar )
4.       Yakinkan komputer kamu memiliki sumber listrik yang stabil

  • Langkah-langkah membuka program defrag pada windows 
- klik tombol start

 - all program



 
Back to Top