-->

Friday, November 18, 2016

hardisk berbunyi crrik.. crik.. ini dia solusinya ()


                Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips/share dan tips kepada anda untuk mengetahui beberapa tanda - tanda  jika Hardisk anda bermasalah atau bisa disebut bad sector dan cara untuk mengatasinya. Jadi, selain memberikan anda tindakan preventif untuk Hardisk anda disini saya juga akan memberikan tips agar anda tidak terlalu terburu – buru membayar orang yg lebih ahli dalam bidang tersebut.

Berikut merupakan  Tanda - tanda Hardisk anda dalam keadaan rusak dan cara mengatasinya:

v  Hardisk tidak terbaca  (Not Read)

Ini merupakan salah satu problem jika hardisk anda sedang rusak. Hardisk tidak terbaca oleh Bios komputer/laptop.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :,  Restart komputer/laptop anda lalu masuk ke konfigurasi bios kemudian cek konfigurasi penyimpanan hardisk, setelah disetting  lalu save & exit. Jika hal tersebut terus terjadi maka segeralah back up data anda dan bawa hardisk anda ke orang yg lebih profesional di bidang tersebut.



v  Berhenti pada logo windows saat booting

Yg dimaksud disini adalah saat pertama kali anda menyalakan komputer/laptop ketika proses booting maka tampilan yg didapat berhenti di logo vendor komputer/laptop anda.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Matikan komputer/laptop anda lalu cabut hardisknya kemudian nyalakan. Jika semua berjalan lancar tanpa stuck/hang, bisa dipastikan hardisk anda sudah rusak. Segera bawa kepada yg lebih ahli


v  Laya tiba – tiba Blue Screen

Berbeda dengan blue film #eh, Blue Screen adalah kondisi yg sangat tidak di inginkan oleh para user komputer/laptop. Baygkan, saat lagi asik – asik bercengkrama dan bermanja ria ataupun berjuang dengan komputer/laptop tercinta, tiba – tiba mendadak blue screen, nyesek rasanya.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Penyebab blue screen tak hanya dari hardisk yg sudah tak sehat. Sebelum memvonis bersalah pada hardisk anda, ada baiknya anda restart komputer/laptop anda lalu masuk ke safe mode. Jika tidak terjadi blue screen berarti permasalahan ada pada sistem operasi anda, karena blue screen juga dapat terjadi jika ada virus ataupun program yg crash di komputer/laptop anda. Silahkan instal ulang sistem operasi anda jika permasalahan datang bukan dari hardisk anda

v  Komputer atau laptop menjadi lambat seperti keong

Keluhan komputer/laptop yg lemot merupakan hal yg paling banyak ditemui oleh setiap user pengguna piranti komputer. Ada banyak hal sebenarnya yg membuat kinerja komputer / laptop anda menjadi lemot dan Hardisk merupakan salah satu penyababnya. Hal ini biasa terjadi jika terlalu banyak start up yg muncul saat komputer pertama kali komputer/laptop dinyalakan atau terlalu banyak kinerja di awal yg tidak penting dan aplikasi – aplikasi dan antivirus yg seharusnya tidak diperlukan terinsal di komputer/laptop anda.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, cek dan uninstall aplikasi yg tidak terpakai. Atur agar aplikasi pada saat start up tidak terlalu menumpuk dan cek anti virus, bisa jadi karena antivirus yg sudah kadaluarsa. Jika kinerja komputer/ laptop anda masih lemot, bisa jadi masalah ada di Sistem Operasi nya, segera instal ulang komputer/laptop anda tapi jangan lupa backup data anda terlebih dahulu sebelumnya ya.


v  Muncul bunyi aneh crek.. crek.. cre..

Salah satu cara untuk mengetahui hardisk bekerja dengan baik adalah dari bunyi. Jika Hardisk anda sehat suara yg terdengar pastinya seperti suara mesin yg berjalan dan menghasilkan getaran yg halus. Bunyi aneh yg dimaksud disini adalah bunyi yg tak lazim keluar seperti piringan yg bergesek keras seperti “crek.. crek.. crek” atau semacamnya, bisa dipastikan bahwa laptop anda dalam kondisi rusak.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Back up semua data penting yg ada di komputer/laptop anda. Back up bisa di DVD, Flashdisk, hardisk eksternal, atau disket juga boleh hehehe... jika bunyi semakin aneh dan kasar maka hardisk anda biasanya sudah kronis, silahkan bawa ke tukang servis ataupun di jual. Hehehehe..


Back to Top