-->

Monday, January 16, 2017

CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217


Hy guys, selamat siang, selamat datang di blog sederhana saya ini. Kali ini, saya akan membahas tentang CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217.

Tidak bisa di pungkiri, kerusakan hardisk adalah kerusakan paling umum dan paling menjengkelkan. Bayangkan, laptop kesayangan anda, tiba blue screen, restart sendiri, menjadi lambat, dan yang paling parah adalah, semua data hilang dengan sendirinya.

Nah, sebelum anda menuju topik inti, saya akan mengenalkan laptop Dell Inspiron 14z 3217 yang saya jadikan contoh pada artikel ini :

SPESIFIKASI (TERLENGKAP) LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217
Core i3  1.8Ghz, 4GB (Gyga Byte), 500GB (Gyga Byte), DVDRW, Intel HD, Card Reader, Camera, Bluetooth, Wifi, 14” (inc) WXGA, Non OS


MACAM – MACAM KERUSAKAN HARDISK PADA LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217

Dari pengalaman saya, kerusakan hardisk itu bisa di bagi menjadi 2 macam :

1.       Kerusakan hardisk yang di sebabkan softwarenya (red: kerusakan logic)

2.       Keruskan hardisk yang di sebabkan pada hardwarenya (red: kerusakan fisik)


Dari kedua jenis kerusakan hardisk tersebut, itu penyebabnya berbeda dan cara memperbaikinyapun juga berbeda.

Dalam artikel ini, saya akan membahas kerusakan hardisk yang pertama, yaitu KERUSAKAN HARDISK LOGIC (kerusakan hardisk yang di sebabkan oleh software) kenapa saya membahas bab ini? Karena, kerusakan hardisk logic ini adalah kerusakan yang paling sering di alami oleh kebanyakan pengguna laptop/PC khususnya pengguna laptop Dell Inspiron 14z 3217.

CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217

Seperti saat kita berobat kedokter, sebelum dokter mengobati, dia pasti akan mencari tau tentang CIRI – CIRI ata GEJALA – GEJALA yang anda rasakan. Hal ini sama dengan hardisk, langkah pertama untuk memperbaiki HARDISK ADALAH MENGETAHUI CIRI – CIRI HARDISK YANG RUSAK. sebelumnya, saya sudah mengulas secara lengkap CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217, jadi, untuk kali ini, saya hanya akan menyebutkan 3 ciri – ciri kerusakan hardisk yang paling sering terjadi pada laptop Dell Inspiron 14z 3217 :

1.       Laptop menjadi lemot atau lambat

2.       Laptop sering restart sendiri


3.       Laptop sering mengalami bluescreen


Di atas adalah sebagian kecil ciri – ciri kerusakan hardisk yang menurut survey saya, adalah yang paling sering di alami oleh pengguna laptop/PC khusunya pengguna laptoP Dell Inspiron 14z 3217 . apabila kurang lengkap, silahkan cari di blog ini. Saya sudah mengulasnya dengan sangat lengkap. Saya yakin ciri – ciri kerusakan hardisk yang anda alami, pasti ketemu.


PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217
Taukah anda, penyebab terbesar terjadinya kerusakan hardisk yang khusunya kerusakan logic adalah karena ketidak tau-an penggunanya dalam merawat hardisk itu sendiri dan yang kedua adalah, malas untuk merawatnya. Namun, selain dua hal itu, ada beberapa penyebab lain, seperti, laptop jatuh, kerusakan dari pabriknya, kesalahan saat menginstal suatu software, terkena virus, dll


CARA MEMPERBAIKI HARDISK LAPTOP

Seperti yang saya jelaskan, di sini saya akan menjelaskan tentang KERUSAKAN HARDISK YANG DI SEBABKAN OLEH SOFTWARE (KERUSAKAN LOGIC) yang dimana saya disini memakai contoh dengan menggunakan laptop Dell Inspiron 14z 3217 dan cara di bawah ini bisa di terapkan pada laptop jenis lain dan ini murni pengalaman saya yang telah saya buktikan WORK!!

1.       Back up data penting anda

Sebelum semua proses perbaikan ini di lakukan, silahkan back up dulu data penting anda agar tetap aman dan terjaga, agar nanti kalau ada kejadian yang tidak di inginkan, data penting anda sudah anda amankan.

2.       Hapus file anda

Nah, setelah anda mengamankan data penting anda, saatnya anda menghapus file anda. Bisa sebagian bisa juga semua. Saya sarankan, format semua data anda. Kenapa? Karena, takutnya ada virus yang bersarang di salah satu folder anda. Selain itu, dengan menghapus file anda, kinerja hardisk akan terasa ringan. Karena, sedikit file yang dia baca.

3.       Defragment hardisk anda

Defrag hardisk ini berguna untuk mengurutkan system yang kacau dalam laptop anda. File – file yang kaca ini di biarkan, nantinya akan menghabat kinerja  hardisk dan mejadi berat. Nah solusinya adalah defrag hardisk anda dengan DISK DEFRAGMENT bawaan windows.

Caranya : START – ALL PROGRAM – ACSSORIS – SYSTEM TOOL – DISK DEFRAGMENT – lalu Pilih ANALTYC – DEFRAGMENT

4.       Bersihkan chace, cookies dan file sampah lainnya

Semua aktivitas anda di laptop, baik itu online atau offline, semuanya di rekam oleh system dan akan tersimpan otomatis di drive C anda.

Nah, file ini, akan terus menumpuk seiring anda menggunakan laptop anda. Untuk menghindari hal ini, anda bisa membersihkan file – file itu dengan cara : START – ALL PROGRAM – ACCESSORIS – DISK CLEAN UP – pilih drive yang akan di bersihkan – centang semua kotak yang ada – lalu tekan OK – tunggu hingga selesai – lalu tekan OK

5.       Scan virus

Tidak bisa di pungkiri, virus adalah akar dari segala penyebab kerusakan pada laptop, termasuk kerusakan pada hardisk itu sendiri. Nah, untuk hal saya sangat merekomendasikan anti virus bawaan windows yang bernama Microsoft Security Essentials. Anti virus ini memang di rancang khusus untuk pengguna windos dan bagusnya lagi, aplikasi ini GRATIS. Mesipun gratis, anti virus ini sangat baik dalam memusnahkan virus – virus yang bersarang dalam laptop anda, karena, setiap hari, anti virus ini pasti ada update.

Nah, caranya untuk menmperoleh anti virus bawaan winows ( Microsoft Security Essentials) ini adalah : silahkan masuk ke situs https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5201  dan silahkan download Microsoft Security Essentials. Setelah selesai download, silahkan instal software tersebut. Perlu di ingat, saat anda menginstal software ini, laptop anda harus terhubung dengan internet, karena, saat software ini di instal, dia akan mendownload file system dan update terbaru langsung dari server microsoft.


Nah, sekarang, saatnya anda mempraktekan tips saya di atas, yang telah saya buktikan sendiri, dan 100% berhasil. Sekian tips dari saya yang berjudul 100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 14z 3217 . selamat mencoba dan terima kasih

Back to Top