-->

Monday, January 16, 2017

100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U 21



Hy guys, selamat siang, selamat datang di blog sederhana saya ini. Kali ini, saya akan membahas tentang CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U.

Tidak bisa di pungkiri, kerusakan hardisk adalah kerusakan paling umum dan paling menjengkelkan. Bayangkan, laptop kesayangan anda, tiba blue screen, restart sendiri, menjadi lambat, dan yang paling parah adalah, semua data hilang dengan sendirinya.

Nah, sebelum anda menuju topik inti, saya akan mengenalkan laptop Dell Inspiron N3421 1017U yang saya jadikan contoh pada artikel ini :

SPESIFIKASI (TERLENGKAP) LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U
Intel 1017U 1.6Ghz, 2GB (Gyga Byte) DDR3, 500GB (Gyga Byte), DVDRW, Intel HD, Bluetooth, Card Reader, Wifi, Camera, 14” (inc) WXGA, Non OS


MACAM – MACAM KERUSAKAN HARDISK PADA LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U

Dari pengalaman saya, kerusakan hardisk itu bisa di bagi menjadi 2 macam :

1.       Kerusakan hardisk yang di sebabkan softwarenya (red: kerusakan logic)

2.       Keruskan hardisk yang di sebabkan pada hardwarenya (red: kerusakan fisik)


Dari kedua jenis kerusakan hardisk tersebut, itu penyebabnya berbeda dan cara memperbaikinyapun juga berbeda.

Dalam artikel ini, saya akan membahas kerusakan hardisk yang pertama, yaitu KERUSAKAN HARDISK LOGIC (kerusakan hardisk yang di sebabkan oleh software) kenapa saya membahas bab ini? Karena, kerusakan hardisk logic ini adalah kerusakan yang paling sering di alami oleh kebanyakan pengguna laptop/PC khususnya pengguna laptop Dell Inspiron N3421 1017U.

CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U

Seperti saat kita berobat kedokter, sebelum dokter mengobati, dia pasti akan mencari tau tentang CIRI – CIRI ata GEJALA – GEJALA yang anda rasakan. Hal ini sama dengan hardisk, langkah pertama untuk memperbaiki HARDISK ADALAH MENGETAHUI CIRI – CIRI HARDISK YANG RUSAK. sebelumnya, saya sudah mengulas secara lengkap CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U, jadi, untuk kali ini, saya hanya akan menyebutkan 3 ciri – ciri kerusakan hardisk yang paling sering terjadi pada laptop Dell Inspiron N3421 1017U :

1.       Laptop menjadi lemot atau lambat

2.       Laptop sering restart sendiri


3.       Laptop sering mengalami bluescreen


Di atas adalah sebagian kecil ciri – ciri kerusakan hardisk yang menurut survey saya, adalah yang paling sering di alami oleh pengguna laptop/PC khusunya pengguna laptoP Dell Inspiron N3421 1017U . apabila kurang lengkap, silahkan cari di blog ini. Saya sudah mengulasnya dengan sangat lengkap. Saya yakin ciri – ciri kerusakan hardisk yang anda alami, pasti ketemu.


PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U
Taukah anda, penyebab terbesar terjadinya kerusakan hardisk yang khusunya kerusakan logic adalah karena ketidak tau-an penggunanya dalam merawat hardisk itu sendiri dan yang kedua adalah, malas untuk merawatnya. Namun, selain dua hal itu, ada beberapa penyebab lain, seperti, laptop jatuh, kerusakan dari pabriknya, kesalahan saat menginstal suatu software, terkena virus, dll


CARA MEMPERBAIKI HARDISK LAPTOP

Seperti yang saya jelaskan, di sini saya akan menjelaskan tentang KERUSAKAN HARDISK YANG DI SEBABKAN OLEH SOFTWARE (KERUSAKAN LOGIC) yang dimana saya disini memakai contoh dengan menggunakan laptop Dell Inspiron N3421 1017U dan cara di bawah ini bisa di terapkan pada laptop jenis lain dan ini murni pengalaman saya yang telah saya buktikan WORK!!

1.            Backup Data Yang Penting

Hal ini, di maksudkan untuk menyelamaatkan data penting anda apabila nanti ada kejadian yang tidak di inginkan, seperti : laptop minta di format, atau laptop harus di instal ulang dll. Untuk menghindari hal semacam ini, sangat di wajibkan untuk mem-back up semua data yang ada di laptop anda. Khusunya data yang anda anggap penting.

Untuk caranya : anda bisa mengcopy semua file anda ke dalam DVD disc, atau flashdisk atau hardisk external

2.            Hapus semua File

Setelah anda memback-up semua data penting anda yang ada di dalam hardisk, silahkan hapus semua file anda. Terutama file yang tidak penting yang memenuhi kapasitas hardisk. idealnya, free space hardisk itu adalah 20% dari keseluruhan kapasitas hardisk. agar, hardisk anda bekerja lebih enteng dan tidak cepat panas.

3.            Defrag disk

Taukah anda, setiap anda meng-instal dan meng-uninstal software dalam laptop anda,akan ada kerancauan pada system tersebut. Nah, apabila kerancuan ini di biarkan, akan membuat hardisk bingung dalam membacanya dan dia akan bekerja lebih keras seperti biasanya.

Nah, fungsi defrag ini adalah untuk mengurutkan file yang rancau tadi, agar bisa tertata lagi dan hardisk dapat membacanya dengan mudah.
Cara untuk defrag adalah : START – ALL PROGRAM – ACCSORIS – SYSTEM TOOL – DISK DEFRAGMENT – lalu Pilih ANALTYC – DEFRAGMENT

4.            Bersihkan file sampah dengan disk clean up

File sampah yang saya maksud adalah, semua  file cookies, history, chace dll. Dari mana mereka berasal? mereka berasal dari aktivitas saat kita menggunakan laptop. Biar itu online atau offline, semua aktifitas kita akan terekam dalam laptop dan menjadi file – file tersebut.

Untuk cara membersihkan file chace, cookies, history dan file sampah lainnya adalah : START – ALL PROGRAM – ACCESORIS – DISK CLEAN UP – pilih drive yang akan di bersihkan – centang semua kotak yang ada – lalu tekan OK – tunggu hingga selesai – lalu tekan OK

NB: file chace, cookies, history dll, biasanya di manfaatkan para hacker untuk membobol laptop anda atau file – file ini adalah tempat tujuan utama bersarangnya virus.

5.            Scan virus dan hapus

Ini adalah penyebab kerusakan yang paling sering di alami oleh pengguna komputer/laptop yaitu TERJANGKIT VIRUS. Silahkan anda menscan laptop anda dengan anti virus kesayangan anda dan ingat, jangan pernah mengkarantina atau meloloskan virus tersebut. Karena, virus itu meskipun jinak, mereka akan akan berkembang biak dan merusak laptop anda.

Anti virus yang saya sarankan disini adalah Microsoft Security Essentials. Anti virus buatan microsoft ini memang di desain khusus bagi anda pengguna os windows, yang dimana, anti virus ini GRATIS dan ada update setiap hari. Dan hasil scannya juga sangat luar biasa, sebanding dengan anti virus yang berbayar.

Untuk cara mendapatkan anti virus ini adalah dengan menunjungi situs  (( https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5201 )) dan silahkan download file nya. Setelah anda mendownload, silahkan instal. Saat proses peng-instalan, di wajibkan laptop anda terkoneksi dengan internet. Karena, saat proses peng-instalan, program ini secara otomati mengunduh data dan update langusung dari server microsoft.



Nah, sekarang, saatnya anda mempraktekan tips saya di atas, yang telah saya buktikan sendiri, dan 100% berhasil. Sekian tips dari saya yang berjudul 100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1017U . selamat mencoba dan terima kasih
Back to Top