-->

Monday, January 16, 2017

100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U 20



Hy guys, selamat siang, selamat datang di blog sederhana saya ini. Kali ini, saya akan membahas tentang CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U.

Tidak bisa di pungkiri, kerusakan hardisk adalah kerusakan paling umum dan paling menjengkelkan. Bayangkan, laptop kesayangan anda, tiba blue screen, restart sendiri, menjadi lambat, dan yang paling parah adalah, semua data hilang dengan sendirinya.

Nah, sebelum anda menuju topik inti, saya akan mengenalkan laptop Dell Inspiron N3421 1007U yang saya jadikan contoh pada artikel ini :

SPESIFIKASI (TERLENGKAP) LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U
Intel 1007U 1.5Ghz, 2GB (Gyga Byte) DDR3, 320GB (Gyga Byte), DVDRW, Intel HD, Bluetooth, Card Reader, Wifi, Camera, 14” (inc) WXGA, Non OS


MACAM – MACAM KERUSAKAN HARDISK PADA LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U

Dari pengalaman saya, kerusakan hardisk itu bisa di bagi menjadi 2 macam :

1.       Kerusakan hardisk yang di sebabkan softwarenya (red: kerusakan logic)

2.       Keruskan hardisk yang di sebabkan pada hardwarenya (red: kerusakan fisik)


Dari kedua jenis kerusakan hardisk tersebut, itu penyebabnya berbeda dan cara memperbaikinyapun juga berbeda.

Dalam artikel ini, saya akan membahas kerusakan hardisk yang pertama, yaitu KERUSAKAN HARDISK LOGIC (kerusakan hardisk yang di sebabkan oleh software) kenapa saya membahas bab ini? Karena, kerusakan hardisk logic ini adalah kerusakan yang paling sering di alami oleh kebanyakan pengguna laptop/PC khususnya pengguna laptop Dell Inspiron N3421 1007U.

CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U

Seperti saat kita berobat kedokter, sebelum dokter mengobati, dia pasti akan mencari tau tentang CIRI – CIRI ata GEJALA – GEJALA yang anda rasakan. Hal ini sama dengan hardisk, langkah pertama untuk memperbaiki HARDISK ADALAH MENGETAHUI CIRI – CIRI HARDISK YANG RUSAK. sebelumnya, saya sudah mengulas secara lengkap CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U, jadi, untuk kali ini, saya hanya akan menyebutkan 3 ciri – ciri kerusakan hardisk yang paling sering terjadi pada laptop Dell Inspiron N3421 1007U :

1.       Laptop menjadi lemot atau lambat

2.       Laptop sering restart sendiri


3.       Laptop sering mengalami bluescreen


Di atas adalah sebagian kecil ciri – ciri kerusakan hardisk yang menurut survey saya, adalah yang paling sering di alami oleh pengguna laptop/PC khusunya pengguna laptoP Dell Inspiron N3421 1007U . apabila kurang lengkap, silahkan cari di blog ini. Saya sudah mengulasnya dengan sangat lengkap. Saya yakin ciri – ciri kerusakan hardisk yang anda alami, pasti ketemu.


PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U
Taukah anda, penyebab terbesar terjadinya kerusakan hardisk yang khusunya kerusakan logic adalah karena ketidak tau-an penggunanya dalam merawat hardisk itu sendiri dan yang kedua adalah, malas untuk merawatnya. Namun, selain dua hal itu, ada beberapa penyebab lain, seperti, laptop jatuh, kerusakan dari pabriknya, kesalahan saat menginstal suatu software, terkena virus, dll


CARA MEMPERBAIKI HARDISK LAPTOP

Seperti yang saya jelaskan, di sini saya akan menjelaskan tentang KERUSAKAN HARDISK YANG DI SEBABKAN OLEH SOFTWARE (KERUSAKAN LOGIC) yang dimana saya disini memakai contoh dengan menggunakan laptop Dell Inspiron N3421 1007U dan cara di bawah ini bisa di terapkan pada laptop jenis lain dan ini murni pengalaman saya yang telah saya buktikan WORK!!

1.            Back up

Back up, yaitu mengamankan file atau data anda, dan data yang harus anda amankan adalah data yang penting menurut anda. Hal ini, bertujuan, apabila nanti ada suatu hal yang tidak di inginkan (seperti : laptop minta format atau hapus partisi) maka file atau data anda sudah anda amankan.

Cara back up yang paling sering saya gunakan adalah : mencopy semua data penting anda ke hardisk external. Memang, hal ini akan memakan waktu yang tidak singkat, namun, anda harus sabar menunggu demi keamanan data penting anda. Apabila anda tidak memiliki hardisk external, anda bisa mem-back up data anda kedalam DVD atau Flashdisk

2.            Hapus semua file

Apabila hardisk penuh, secara otomatis, memaksa hardisk berjalan  dengan extra keras dan apabila ini di biarkan terus, hardisk akan panas dan overheat. Nah, sekarang, silahkan hapus semua file – file yang sekiranya tidak penting agar space hardisk anda menjadi longgar. Minimal space kosong hardisk adalah 20% dari total kapasitas hardisk anda

3.            Defrag hardisk anda

Saya yakin, anda pernah instal atau meng-uninstal progaram, atau anda pernah membuka berbagai program sekaligus dan pasti anda pernah menutup paksa suatu program yang sedang berjalan. Nah, aktivitas seperti itu, membuat system yang tadinya berurutan menjadi kacau, dan anda pasti tidak menyadari itu. Apabila itu di biarkan terus, system yang kacau itu akan memenuhi hardisk anda dan kelama-lamaan, hardisk anda menjadi rusak.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu men-DEFRAG hardisk anda agar system yang kacau tadi bisa tertata rapi dan hardisk anda berfungsi normal seperti biasanya.

Cara mendefrag itu sangatlah mudah : START – ALL PROGRAM – ACSSORIS – SYSTEM TOOL – DISK DEFRAGMENT – lalu Pilih ANALTYC – DEFRAGMENT
Silahkan tunggu hingga proses selesai

4.            Bersihkan chace, cookies dan file sampah lainnya

Semua aktivitas anda di laptop, baik itu online atau offline, semuanya di rekam oleh system dan akan tersimpan otomatis di drive C anda.

Nah, file ini, akan terus menumpuk seiring anda menggunakan laptop anda. Untuk menghindari hal ini, anda bisa membersihkan file – file itu dengan cara : START – ALL PROGRAM – ACCESSORIS – DISK CLEAN UP – pilih drive yang akan di bersihkan – centang semua kotak yang ada – lalu tekan OK – tunggu hingga selesai – lalu tekan OK

5.            Scan virus dan hapus

Ini adalah penyebab kerusakan yang paling sering di alami oleh pengguna komputer/laptop yaitu TERJANGKIT VIRUS. Silahkan anda menscan laptop anda dengan anti virus kesayangan anda dan ingat, jangan pernah mengkarantina atau meloloskan virus tersebut. Karena, virus itu meskipun jinak, mereka akan akan berkembang biak dan merusak laptop anda.

Anti virus yang saya sarankan disini adalah Microsoft Security Essentials. Anti virus buatan microsoft ini memang di desain khusus bagi anda pengguna os windows, yang dimana, anti virus ini GRATIS dan ada update setiap hari. Dan hasil scannya juga sangat luar biasa, sebanding dengan anti virus yang berbayar.

Untuk cara mendapatkan anti virus ini adalah dengan menunjungi situs  (( https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5201 )) dan silahkan download file nya. Setelah anda mendownload, silahkan instal. Saat proses peng-instalan, di wajibkan laptop anda terkoneksi dengan internet. Karena, saat proses peng-instalan, program ini secara otomati mengunduh data dan update langusung dari server microsoft.


Nah, sekarang, saatnya anda mempraktekan tips saya di atas, yang telah saya buktikan sendiri, dan 100% berhasil. Sekian tips dari saya yang berjudul 100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron N3421 1007U . selamat mencoba dan terima kasih

silahkan kunjungi artikel saya yang lain
 

Back to Top