-->

Monday, January 16, 2017

100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 5437 4010U 13



Hy guys, selamat siang, selamat datang di blog sederhana saya ini. Kali ini, saya akan membahas tentang CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 5437.

Tidak bisa di pungkiri, kerusakan hardisk adalah kerusakan paling umum dan paling menjengkelkan. Bayangkan, laptop kesayangan anda, tiba blue screen, restart sendiri, menjadi lambat, dan yang paling parah adalah, semua data hilang dengan sendirinya.

Nah, sebelum anda menuju topik inti, saya akan mengenalkan laptop Dell Inspiron 5437 yang saya jadikan contoh pada artikel ini :

SPESIFIKASI (TERLENGKAP) LAPTOP Dell Inspiron 5437
4010U
Core i3 4010U 1.7Ghz, 4GB (Gyga Byte) DDR3, 500GB (Gyga Byte), DVDRW, Nvidia Geforce GT740M 2GB (Gyga Byte), Bluetooth, Card Reader, Wifi, Camera, 14” (inc) WXGA, Non OS


MACAM – MACAM KERUSAKAN HARDISK PADA LAPTOP Dell Inspiron 5437

Dari pengalaman saya, kerusakan hardisk itu bisa di bagi menjadi 2 macam :

1.       Kerusakan hardisk yang di sebabkan softwarenya (red: kerusakan logic)

2.       Keruskan hardisk yang di sebabkan pada hardwarenya (red: kerusakan fisik)


Dari kedua jenis kerusakan hardisk tersebut, itu penyebabnya berbeda dan cara memperbaikinyapun juga berbeda.

Dalam artikel ini, saya akan membahas kerusakan hardisk yang pertama, yaitu KERUSAKAN HARDISK LOGIC (kerusakan hardisk yang di sebabkan oleh software) kenapa saya membahas bab ini? Karena, kerusakan hardisk logic ini adalah kerusakan yang paling sering di alami oleh kebanyakan pengguna laptop/PC khususnya pengguna laptop Dell Inspiron 5437.

CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 5437

Seperti saat kita berobat kedokter, sebelum dokter mengobati, dia pasti akan mencari tau tentang CIRI – CIRI ata GEJALA – GEJALA yang anda rasakan. Hal ini sama dengan hardisk, langkah pertama untuk memperbaiki HARDISK ADALAH MENGETAHUI CIRI – CIRI HARDISK YANG RUSAK. sebelumnya, saya sudah mengulas secara lengkap CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 5437, jadi, untuk kali ini, saya hanya akan menyebutkan 3 ciri – ciri kerusakan hardisk yang paling sering terjadi pada laptop Dell Inspiron 5437 :

1.       Laptop menjadi lemot atau lambat

2.       Laptop sering restart sendiri


3.       Laptop sering mengalami bluescreen


Di atas adalah sebagian kecil ciri – ciri kerusakan hardisk yang menurut survey saya, adalah yang paling sering di alami oleh pengguna laptop/PC khusunya pengguna laptoP Dell Inspiron 5437 . apabila kurang lengkap, silahkan cari di blog ini. Saya sudah mengulasnya dengan sangat lengkap. Saya yakin ciri – ciri kerusakan hardisk yang anda alami, pasti ketemu.


PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK LAPTOP Dell Inspiron 5437
Taukah anda, penyebab terbesar terjadinya kerusakan hardisk yang khusunya kerusakan logic adalah karena ketidak tau-an penggunanya dalam merawat hardisk itu sendiri dan yang kedua adalah, malas untuk merawatnya. Namun, selain dua hal itu, ada beberapa penyebab lain, seperti, laptop jatuh, kerusakan dari pabriknya, kesalahan saat menginstal suatu software, terkena virus, dll


CARA MEMPERBAIKI HARDISK LAPTOP

Seperti yang saya jelaskan, di sini saya akan menjelaskan tentang KERUSAKAN HARDISK YANG DI SEBABKAN OLEH SOFTWARE (KERUSAKAN LOGIC) yang dimana saya disini memakai contoh dengan menggunakan laptop Dell Inspiron 5437 dan cara di bawah ini bisa di terapkan pada laptop jenis lain dan ini murni pengalaman saya yang telah saya buktikan WORK!!

1.            Back up untuk keselamatan data anda

Langkah awal ini adalah langkah untuk menyelamatkan data – data penting anda, agar apabila nanti anda kesalahan atau hardisk minta di format, file atau data penting anda sudah anda back up.

Untuk cara back up adalah, silahkan copy semua file penting anda ke komputer lain atau ke hardisk external, dan ini biasanya membutuhkan waktu yang lama. Atau dengan cara yang paling mudah adalah anda bisa mem-back up semua data anda + data software anda menggunakan bantuan software EASUS dan RECUVA.

2.            Delete semua data anda

Setelah anda memback up data penting anda, sekarang, hapus semua data yang di laptop anda. Khususnya data yang menurut anda tidak penting. Karena, salah satu penyebab kerusakan hardisk adalah sesaknya data yang ada dalam hardisk sehingga membuat hardisk bekerja 2x keras daripada biasanya. Dan hal ini, jarang anda sadari, namun, ini adalah penyebab yang paling sering di terjadi.

3.            Defrag disk

Taukah anda, setiap anda meng-instal dan meng-uninstal software dalam laptop anda,akan ada kerancauan pada system tersebut. Nah, apabila kerancuan ini di biarkan, akan membuat hardisk bingung dalam membacanya dan dia akan bekerja lebih keras seperti biasanya.

Nah, fungsi defrag ini adalah untuk mengurutkan file yang rancau tadi, agar bisa tertata lagi dan hardisk dapat membacanya dengan mudah.
Cara untuk defrag adalah : START – ALL PROGRAM – ACCSORIS – SYSTEM TOOL – DISK DEFRAGMENT – lalu Pilih ANALTYC – DEFRAGMENT

4.            Bersihkan chace, cookies dan file sampah lainnya

Semua aktivitas anda di laptop, baik itu online atau offline, semuanya di rekam oleh system dan akan tersimpan otomatis di drive C anda.

Nah, file ini, akan terus menumpuk seiring anda menggunakan laptop anda. Untuk menghindari hal ini, anda bisa membersihkan file – file itu dengan cara : START – ALL PROGRAM – ACCESSORIS – DISK CLEAN UP – pilih drive yang akan di bersihkan – centang semua kotak yang ada – lalu tekan OK – tunggu hingga selesai – lalu tekan OK

5.            Basmi virus di laptop anda

Virus, virus adalah penyebab terbesar kerusakan laptop terutama kerusakan hardisk. virus, biasanya membawa software atau file lain yang ia tanamkan pada laptop, dan apabila ini terus terjadi, file – file itu akan memberatkan hardisk anda dan akhirnya hardisk anda mengalami kerusakan.

Nah, cara paling ampuh untuk menghilangkan virus ini adalah dengan menggunakan Microsoft Security Essentials. Software ini, memang di khususkan bagi anda pengguna windows, selain gratis, Microsoft Security Essentials ini juga ada update setiap hari yang membuatnya semakin ampuh untuk menscan laptop.

Untuk caranya adalah : silahan kunjungi (( https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5201 ))dan DOWNLOAD. Setelah download, segera instal. Nah, di saat anda menginstal program ini, laptop anda harus online, karena, saat anda menginstal program Microsoft Security Essentials secara otomatis dia mengunduh file system dan update terbaru langsung dari servernya (microsoft). Sehingga, saat digunakan, program ini langusung berforma garang dan melibas semua virus yang ada.


Nah, sekarang, saatnya anda mempraktekan tips saya di atas, yang telah saya buktikan sendiri, dan 100% berhasil. Sekian tips dari saya yang berjudul 100% WORK CARA MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK UNTUK LAPTOP Dell Inspiron 5437 4010U . selamat mencoba dan terima kasih
Back to Top