-->

Sunday, November 20, 2016

PENYEBAB DAN SOLUSI HARDISK YANG BLUESCREEN DAN MENGELUARKAN SUARA ANEH




Disini saya akan membahas salah satu kerusakan harddisk secara fisik yaitu terjadi bunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek) disaat Laptop sedang bekerja. Kerusakan ini terjadi dengan adanya bunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek) berulang dan layar Laptop yang sedang kita pakai akan mengalami freeze terkadang bisa mengalami bluescreen.

Harddisk adalah salah satu perangkat Laptop yang sangat penting dan juga cukup sensitif. kita tidak sadar dengan memakainya secara terus – menerus akan, tetapi kita tidak merawatnya dengan baik dan rutin, tiba-tiba harddisk yang kita pakai tersebut mengalami kerusakan baik itu secara logic (software) seperti, partisi tidak mau terdeteksi, booting awal sangat lama, sampai file yang kita punya bisa hilang dengan sendirinya. Ataupun itu secara fisiknya seperti piringan harddisk tidak berfungsi, dan harddisk sering berbunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek) berulang-ulang.



CARA MEMPERBAIKI HARDDISK LAPTOP YANG MENGELUARKAN SUARA SUARA ANEH


1.    Memberi Kipas pendingin pada Laptop


Kebiasaan orang, sering menggunakan laptop di atas kasur atau beralasan bantal, hal itu sungguh tidak baik, karena alas kasur atau bantal sangat cepat membuat laptop menjadi panas dan berakibat pada kesehatan harddisk. Untuk itu, selalu gunakan kipas laptop atau COOLER. Dengan memberi kipas pendingin pada Laptop maka akan berpengaruh paada Laptop, suhu panas diLaptop akan dikurangi dan perangkat yang ada didalam pun akan mendapatkan suhu yang lebih baik dan mencegah adanya overheat pada harddisk yang akan otomatis akan memperpanjang usia pada perangkat tersebut.

2.    Pakai stabilizer / UPS (komputer/PC)


Sering terjadi padam listrik secara tiba-tiba atau aliran listrik dirumah kurang stabil dianjurkan untuk memakai stabilizer atau UPS agar tidak terjadi PC mati mendadak dan mengakibatkan kerusakan pada perangkat PC terutama harddisk,  juga pada file didalam pc agar tidak mengalami error.

3.    Ganti Kabel sata yang tersambung di harddisk (komputer/PC)


Ini merupakan cara sementara yaitu dengan mengganti kabel sata dengan kabel sata lain untuk disambungkan ke harddisk akan tetapi cara ini hanya bertahan sebentar, kemungkinan harddisk akan mengalami bunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek) kembali.

4.    Bersihkan harddisk dari debu dan lakukan disk defrag


Harddisk yang kotor akan mempengarui kinerja harddisk, coba untuk membuka casing Laptop/PC lalu cabut dan bersihkan harddisk dari debu.

5.    Ganti power supply  (komputer/PC)


Power supply sangat mempengaruhi usia PC jika power supply bagus maka usia Laptop pun akan lebih awet, terlebih lagi jika PC sering dipakai untuk bermain game dan proses rendering maka power supply akan sangat mempengaruhi, ada beberapa cara memilih power supply yg bagus yaitu dengan melihat merek dan sertifikasinya, minimal belilah power supply dengan sertifikat 80+ bronze.

6.    Defrag Harddisk


Terlalu seringnya kita meng – instal dan meng – uninstal progam dalam laptop kita, akan mempengaruhi kinerja laptop kita. Karena, setiap kita meng – instal dan meng – uninstal progam, akan membuat system yang berurutan di dalam harddisk menjadi berantakan. Oleh karena itu, lakukan defragment harddisk, agar system yang berantakan tersebut bisa rapi kembali. Namun ingat, defraglah harddisk anda max 1 bulan 2 kali, apabila terlalu sering mendefrag, akan mengakibatkan kerusakan (bad sector) pada harddisk laptop anda.

7.    Service Harddisk atau beli harddisk baru


Jika cara diatas sudah dilakukan akan tetapi tetap saja berbunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek) maka servicelah harddisk ditempat service yang terpercaya atau pergi ke service center sesuai merek harddisk tersebut, jika masih saja tidak bisa maka cara terakhir belilah harddisk baru, mungkin harddisk tersebut sudah sangat lama dan mencapai batas usianya jika masih terdapat garansinya akan lebih baik karena tidak menghabiskan biaya.

Nah pasti kalian penasaran, kenapa sih harddisk kok bisa rusak, simak penjelasan di bawah ini :

INILAH PENYEBABNYA, HARDDISK LAPTOP ANDA MENGELUARKAN SUARA ANEH


1.    Harddisk menerima panas yang berlebih


Tidak terpikirkan oleh kita seberapa lama memakai Laptop entah itu di Kantor ataupun di Rumah mungkin bisa sampai 12 jam Laptop dalam keadaan menyala
Bahkan bisa menyala sampai 2 hari khususnya untuk yang sering bermain game dan render animasi akibatnya harddisk pun akan menerima panas yang berlebih karena terus menerus dipakai dan membuat kemungkinan harddisk mengalami kerusakan semakin besar.

2.    Harddisk terkena guncangan atau terbanting


Bagi pengguna Laptop, kita sering tidak menyadari, apabila kita sering memindah – mindahkan laptop dengan tidak hati – hati akan berakibat kerusakan pada harddisk. Karena Harddisk akan mengalami kerusakan jika sering terkena guncangan atau terbanting. Entah itu file yang ada didalam harddisk tersebut corrupt, tidak bisa terdeksi diLaptop ataupun terjadi kerusakan fisik seperti mengalami bunyi suara aneh (red : biasanya berbunyi beep, criik..criik, creek.. creek).

3.    Harddisk yang sudah berusia sangat lama


Semua barang elektronik yang sudah berusia lama ada kemungkinan mengalami kerusakan terutama yang tidak pernah dipakai atau tidak dirawat dengan baik.


4.    Aliran listrik kurang stabil


Sering sekali Laptop mati mendadak karena konsleting listrik, itu akan berakibat buruk untuk perangkat Laptop terutama harddisk dan terhadap file didalamnya.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya,
Jika ada kata-kata yang tidak sesuai bahkan salah saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.




Back to Top