-->

Friday, November 18, 2016

Berbagai kerusakan Hardisk Laptop dan Cara Mengatasinya (Work!!)



Halo guys. Saya di sini ingin membahas tentang salah satu element penting yg terdapat dalam Komputer atau Laptop. Yapp, seperti yang kita ketahuin saat ini, Komputer dan Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sudah sangat biasa dimiliki oleh semua orang dimuka bumi ini. Hampir semua orang memiliki computer atau laptop. Nah, di sini saya tidak ingin membahas tentang computer atau laptopnya yah, tapi di sini saya ingin membahas salah satu hardware yang terdapat di komputer atau laptop yang kita punya. Apakah itu? Saya di sini akan membahas tentang HardDisk.
Kenapa saya mengatakan Harddisk merupakan element penting untuk komputer dan laptop? Seperti yang kita ketahui, bahwa harddisk merupakan hardware yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data di dalam komputer dan laptop. Jadi file, software, dokumen yang kita simpan di laptop/komputer itu berada di dalam harddisk.
Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan, harddisk merupakan salah satu element penting untuk komputer/laptop yang kita miliki.
Nahh, bagaimana kalau harddisk itu rusak atau mengalami gangguan? Tidak bisa kita pungkiri, bahwa semua yang diciptakan manusia itu tidak mungkin tidak bisa rusak, termasuk harddisk. Ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada harddisk.

MACAM – MACAM KERUSAKAN HARDISK PADA LAPTOP


1.      Kerusakan HardDisk


Bad Sector

Bad Sector adalah kerusakan yang terjadi pada sector yang ada di dalam harddisk, sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan data. Dalam sebuah harddisk, untuk membaca dan menulis data, harddisk membutuhkan sector-sector untuk menyimpan data pada harddisk. Jadi kalau sector-sector yang berada dalam harddisk mengalami kerusakan, harddisk tidak bisa melakukan penyimpanan data.

Bad Sector dapat terjadi karena :

·         Harddisk mengalami benturan yang keras
·         Aliran listrik mati saat harddisk sedang melakukan proses untuk penyimpanan data/files.
·         Pemasangan yang tidak benar
Kalau ada yang menayakan bagaimana cari memperbaiki Bad Sector, semuanya tergantung dengan seberapa parahnya kerusakan. Kalau masih dalam tahap ringan, kita bisa dengan menggunakan tools yang terdapat dalam komputer/laptop, atau menggunakan software yang bisa kita download. Kalau kerusakan sudah sangat berat, saran saya hanya 1, pergi ke toko yang menjual harddisk, dan beli harddisk yang baru.

Suara Aneh pada Harddisk

Kadang kita suka mendengar suara aneh dan keras yang keluar dari harddisk, jangan kaget dulu, lebih baik kita coba memeriksa harddisk kita dengan cara membukanya. Suara aneh dan keras yang bisa terjadi karena kelalaian kita sendiri. Mungkin masuk benda-benda kecil atau debu yang ada dalam harddisk atau yang paling parah cakram atau piringan yang terdapat dalam harddisk mengalami baret atau cacat.
Kalau penyebabnya karena debu atau kotoran, kita bisa membersihkannya. Tapi, kalau penyebabnya karena baret atau cacat pada cakram atau piringan pada harddisk, kita harus mengganti harddisk itu dengan yang baru.

Proses Penyimpanan atau Pembukaan Data pada Harddisk Lambat

Kalau ini mungkin kita sering merasakan ya. Saat kita ingin membuka file atau ingin menyimpan file, proses transfer datanya berjalan sangat lambat. Itu bisa dikarenakan oleh beberapa hal yaitu, harddisk yang sudah berumur jadi kemampuannya sudah berkurang, Bad Sector pada harddisk, harddisk kepanasan karena terlalu lama digunakan atau melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

2.      Perawatan Harddisk


Saya akan memberitahukan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat harddisk dalam komputer/laptop untuk membuat harddisk kita berumur panjang.

·         Sisakan space pada kapasitas harddisk, jangan penuhi space yang tersedia pada harddisk kita, terutama pada space untuk penyimpanan software pada komputer/laptop kita, hal ini bisa menyebabkan komputer/laptop kita menjadi lemot.
·         Jangan terlalu sering format harddisk kita.
·         Jangan mematikan komputer/laptop secara paksa.
·         Rutin melakukan pemeriksaan pada harddisk dengan menggunakan anti virus, karena virus menjadi salah satu penyebab kerusakan harddisk.

Jadi, kita harus menjaga harddisk pada komputer/laptop kita, karena semua file, dokumen yang kita simpan pada komputer/laptop terdapat pada harddisk. Sebaiknya data-data yang penting lebih baik kita back up data-data yang penting itu. 
Sekian artikel mengenai harddisk yang saya buat. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada penulisan atau penyampaian yang salah pada artikel saya ini.
Back to Top