-->

Friday, November 18, 2016

CIRI – CIRI KERUSAKAN HARD DISK YANG PALING SERING DI ALAMI OLEH LAPTOP AXIO ()



Hay guys, kali ini saya akan membahas CIRI – CIRI KERUSAKAN HARD DISK YANG SERING DI ALAMI OLEH LAPTOP AXIO.  Apa aja sih CIRI – CIRI KERUSAKAN HARD DISK LAPTOP AXIO dan kenapa ya kok bisa terjadi, yuk kita simak tips berikut :

Kerusakan hard disk adalah masalah yang selalu membuat pusing.  Seiring berjalannya waktu, setiap hard disk pasti bakal rusak, tapi bukan berarti semuanya rusak dengan penyebab yang sama. Saat ini, rata-rata masa penggunaan hard disk adalah 6 tahun, kurang lebih 50%-nya bisa bertahan lebih dari itu. Biasanya, kerusakan yang terjadi pada hard disk disebabkan oleh kesalahan produksi, tetapi lebih sering lagi kerusakan disebabkan karena kita tidak memakai dan merawat hard disk dengan benar.


Mendiagnosa kerusakan hard disk


Setelah mengetahui CIRI-CIRI kerusakan hard disk, mari kita mencoba mendiagnosa kerusakan hard disk.

1.       Cek virus atau malware. Data yang tiba-tiba corrupt atau menghilang bisa disebabkan oleh adanya virus/malware, begitu juga dengan komputer yang sering 'hang'. Gunakan software anti-virus normal untuk membasmi virus-virus tersebut.


2.       Cek partisi hard disk. Biasanya, kegagalan partisi bisa menjadi penyebab kerusakan hard disk. Sayangnya, file kadang tidak dapat dikembalikan dari situasi begini karena hard disk harus diformat dan dipartisi ulang.

3.       Cek bad sector, pada Windows, klik kanan 'My Computer', pilih 'Properties', ganti ke tab 'Tools'. Tekan tombol 'Check' maka Winows bakal mengidentifikasi bad sector. Kemudian, Windows bakal mencoba memperbaiki bad sector tersebut. Jika gagal, maka kemungkinan besar hard disk anda sedang mengalami gradual failure.


4.       Kalau diagnosa diatas tidak bekerja, sayang sekali, kemungkinan besar hard disk anda mengalami kerusakan mekanis/fisik dan harus diganti. Walaupun belum tentu bekerja, silahkan coba selamatkan file anda dengan aplikasi file recovery seperti 'Recuva'. Atau silahkan bawa hard disk anda ke tempat service hard disk terdekat.

5.       Jika bisa, bongkar laptop dan cek kabel koneksi hard disk. Jika sebelumnya laptop atau komputer masih berfungsi normal, kemungkinan bukan masalah koneksinya, tapi pastikan bahwa hard disk terpasang dengan baik. Buka Device Manager, lalu pastikan controller/motherboard tidak mengalami masalah atau kerusakan karena hal tersebut bisa juga menyebabkan hard disk tidak bisa digunakan.

Ada baiknya kita secara rutin mengecek CIRI-CIRI kerusakan pada hard disk untuk mengetahui kondisi hard disk kita. Semakin cepat kita mendeteksi CIRI-CIRI kerusakan pada hard disk, semakin cepat pula kita memperbaiki kerusakan tersebut sebelum terlanjur parah. Maka dari itu, mari kita simak CIRI-CIRI dan diagnosa kerusakan hard disk dibawah ini.

CIRI-CIRI kerusakan hard disk



1.       Komputer 'freeze' atau 'hang': 'Hang' dalam komputer memang biasa terjadi dan bisa diperbaiki dengan melakukan reboot. Namun, jika itu sering terjadi, maka kemungkinan kondisi hard disk anda dalam keadaan sekarat.

2.       Bad sector: Satu sector pada hard disk menyimpan beberapa data yang bisa diakses pengguna. Ada dua jenis sector, sector soft dan sector hard. Dalam banyak kasus, Windows bisa memperbaiki kerusakan soft sector dengan cara memformat ulang hard disk. Tetapi, jika ada kerusakan hard sector, ini mengindikasikan kerusakan fisik, yang tidak bisa diperbaiki.

3.       Data 'corrupt': Jika anda telah mengunduh suatu file dan menginstallnya tanpa halangan, namun tiba-tiba filenya menjadi corrupt, maka kemungkinan hard disk anda sedang mengalami gradual failure



4.       Data menghilang: Kehilangan data bisa disebabkan oleh kerusakan mekanis dalam hard disk tersebut. Dalam berbagai macam kasus, kita biasanya mendengar suara yang tidak biasa ketika hard disk sedang kita gunakan.


5.       Suara: Kalau hard disk anda mengeluarkan suara yang tidak biasa seperti suara berdecit atau melengking, ini merupakan berita buruk.


Kesimpulan


Memang sangat sulit memperbaiki hard disk yang sudah terlanjur rusak, namun lebih baik juga mendeteksi CIRI-CIRI kerusakan pada hard disk dengan cepat agar hard disk bisa diperbaiki sebelum kerusakan bertambah parah. Saran lain adalah dengan membeli hard disk cadangan dan melakukan backup data secara rutin sehingga bila hard disk kita rusak, maka data-data penting kita bakal aman dan terselamatkan di hard disk cadangan.

Gimana guys, mudahkan cara mengenali CIRI – CIRI KERUSAKAN HARD DISK LAPTOP AXIO, nah, sekarang, tinggal anda praktek dan apabila hard disk anda mengalami kerusakan, segera di perbaiki. Ok guys
Back to Top