-->

Tuesday, November 22, 2016

CARA MUDAH MERAWAT HARDISK SUPAYA BERUMUR PANJANG



Harddisk adalah suatu hardware yang sangat penting sekali dalam komputer. fungsi dari harddisk adalah untuk menyimpan file dan data-data kita ke computer, tanpa harddisk komputer kita tidak akan bisa digunakan alias tidak akan ada sistem operasi hehe.


Berikut ini saya akan memberi tahu cara merawat harddisk agar terhindar dari kerusakan seperti bad sector atau juga kerusakan lainnya yang menyebabkan kerja komputer kalian tidak menurun atau sering hang. karena harddisk merupakan hardware yang mahal dan rentan akan kerusakan dan kalau tidak ada harddisk mana bisa komputer kita hidup.

INILAH CARA/LANGKAH UNTUK MENJAGA HARDDISK KITA:


·         Jangan menyimpan file atau document sampai membuat kapasitas harddisk kalian penuh, apalagi di drive c atau sistem komputer kalian, mengapa? karena akan membuat kinerja komputer kalian akan menurun karena kehabisan ruang memory atau disk space dan bisa bisa hang atau bisa juga jadi melambatkan kinerja komputer kalian.


·         Jangan terlalu banyak membuat partisi harddisk anda biasanya partisi yang di anjurkan sampai 3 partisi seperti DRIVE C untuk sistem, DRIVE D untuk file kalian dan 1 lagi DRIVE E untuk file kalian yang lain bisa game,tugas kulaih, dll. fungsinya untuk membagi atau ,memisahkan file file kalian.


·         Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat harddisk kalian, karena akan memperpendek umur harddisk kalian.


·         Jangan mematikan komputer kalian tanpa mengunakan tombol shut down, karena mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tombol power off akan cepat merusak harddisk kalian bayangkan saja ketika harddisk kita sedang berputar atau sedang berjalan dan membaca lalu dengan seketika di matikan tanpa menghentikan software yang sedang berjalan atau terbaca oleh harddisk maka harddisk tersebut akan shock dan membuat nya menjadi bad sector.
 jadi matikanlah laptop/komputer kalian dengan menggunakan tombol shutdown agar tidak merusak harddisk kalian.


·         Jangan menggunakan laptop kalian di atas kasur atau pun tempat yang dapat menyerap panas karena suhu yang panas juga akan membuat harddisk cepat rusak dan juga hang. Jadi, saat menggunakan laptop, taruhlah laptop diatas meja atau pun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop kalian dan bias - bisa blower anda jadi tidak jalan juga bisa jadi overhead.


·         Gunakanlah softwaree antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga laptop dan harddisk kalian agar tetap aman dari serangan virus berbahaya yang menyebabkan kinerja komputer anda menjadi labat dan merusak system OS kalian dan harddisk. karena virus merupakan salah satu penyebab kerusakan yang paling sering terjadi.


·         Gunakanlah software defragment untuk mendefrag harddisk kalian dan menghindari fragmentasi yang bisa membuat kinerja harddisk atau komputer anda menurun. akan tetapi kalian harus teratur dalam menggunakannya karena apabila terlalu keseringan melakukan defragment malah akan membahayakan kesehatan hardisk kalian, jadi biasanya gunakanlah software ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer biasanya, software ini terdapat pada bawaan instalasi diwindows anda. gunakanlah minimal 1 atau 2 bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop kalian jangan terlalu cepat menggunakannya gan sewajarnya aja hehe.


·         Saran saya kalo komputer/PC alangkah baiknya anda menggunakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebakan harddisk pc kalian cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau karena sering mati mendadak.


·         Menghapus file file yang tidak anda gunakan atau tidak penting pada harddisk kalian karena semakin banyak ruang kosong di harddisk kalian maka kinerja harddisk kalian akan lebih baik insyaallah hehe.


·         Jaga harddisk agar terhindar dari benturan, misalnya laptop anda tiba – tiba jatuh atau terbentur benda keras maka harddisk akan cepat rusak atau lebih extrimnya kalo harddisk terjatuh bisa matot gan.


Back to Top