-->

Friday, November 18, 2016

HARDISK TIDAK TERBACA? INI DIA SOLUSINYA ()



                halo kawan, kali ini saya akan membahas tentang CIRI-CIRI KERUSAKAN HARDISK yang paling umum terjadi. seperti : hardisk tidak terbaca, stuck saat booting, bluescreen, laptop menjadi lemot, dan laptop keluar suara aneh. UNTUK lebih lengapnya, yuk simak artikel di bawah ini



 Hardisk, mendengar kata ini pasti yang terbesit di pikiran kita adalah tempat penyimpanan pada komputer/laptop. Tak bisa dipungkiri lagi, di era kemajuan komputerisasi yang semakin maju saat ini peranan Hardisk sebagai media penyimpanan terasa semakin vital untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Namun, tidak banyak dari kita yang mengetahui bahwa hardisk tetaplah suatu piranti yang dapat rusak jika tidak mendapatkan perawatan dengan baik. Banyak diantara kita yang masih belum engeh ataupun cepat tanggap saat ada sesuatu yang tidak beres dengan hardisk kita dan menganggapnya sepele padahal bisa menyebabkan hal yang lebih buruk kedepannya jika tidak segera diatasi. Padahal kita bisa bayangkan, bagaimana data/file yang sudah kita kerjakan atau kumpulkan setengah mati harus hilang sekejap hanya karena kerusakan yang seharus bisa kita deteksi sejak awal.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa wejangan dan tips kepada anda untuk mengetahui beberapa tanda - tanda  jika Hardisk anda bermasalah atau bisa disebut bad sector dan cara untuk mengatasinya. Jadi, selain memberikan anda tindakan preventif untuk Hardisk anda disini saya juga akan memberikan tips agar anda tidak terlalu terburu – buru membayar orang yang lebih ahli dalam bidang tersebut.

Berikut merupakan  Tanda - tanda Hardisk anda dalam keadaan rusak/tidak sehat dan cara mengatasinya:

v  Hardisk tidak terbaca

Ini merupakan salah satu problem jika hardisk anda sedang rusak/tidak sehat. Hardisk tidak terbaca oleh Bios komputer/laptop.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :,  Restart komputer/laptop anda lalu masuk ke konfigurasi bios kemudian cek konfigurasi penyimpanan hardisk, setelah disetting  lalu save & exit. Jika hal tersebut terus terjadi maka segeralah back up data anda dan bawa hardisk anda ke orang yang lebih profesional di bidang tersebut.



v  Stuck pada saat Booting

Yang dimaksud disini adalah saat pertama kali anda menyalakan komputer/laptop ketika proses booting maka tampilan yang didapat berhenti di logo vendor komputer/laptop anda.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Matikan komputer/laptop anda lalu cabut hardisknya kemudian nyalakan. Jika semua berjalan lancar tanpa stuck/hang, bisa dipastikan hardisk anda sudah rusak/tidak sehat. Segera bawa kepada yang lebih ahli


v  Blue Screen

Berbeda dengan blue film #eh, Blue Screen adalah kondisi yang sangat tidak di inginkan oleh para user komputer/laptop. Bayangkan, saat lagi asik – asik bercengkrama dan bermanja ria ataupun berjuang dengan komputer/laptop tercinta, tiba – tiba mendadak blue screen, nyesek rasanya.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Penyebab blue screen tak hanya dari hardisk yang sudah tak sehat. Sebelum memvonis bersalah pada hardisk anda, ada baiknya anda restart komputer/laptop anda lalu masuk ke safe mode. Jika tidak terjadi blue screen berarti permasalahan ada pada sistem operasi anda, karena blue screen juga dapat terjadi jika ada virus ataupun program yang crash di komputer/laptop anda. Silahkan instal ulang sistem operasi anda jika permasalahan datang bukan dari hardisk anda

v  Komputer atau laptop menjadi lemot

Keluhan komputer/laptop yang lemot merupakan hal yang paling banyak ditemui oleh setiap user pengguna piranti komputer. Ada banyak hal sebenarnya yang membuat kinerja komputer / laptop anda menjadi lemot dan Hardisk merupakan salah satu penyababnya. Hal ini biasa terjadi jika terlalu banyak start up yang muncul saat komputer pertama kali komputer/laptop dinyalakan atau terlalu banyak kinerja di awal yang tidak penting dan aplikasi – aplikasi dan antivirus yang seharusnya tidak diperlukan terinsal di komputer/laptop anda.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, cek dan uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Atur agar aplikasi pada saat start up tidak terlalu menumpuk dan cek anti virus, bisa jadi karena antivirus yang sudah kadaluarsa. Jika kinerja komputer/ laptop anda masih lemot, bisa jadi masalah ada di Sistem Operasi nya, segera instal ulang komputer/laptop anda tapi jangan lupa backup data anda terlebih dahulu sebelumnya ya.


v  Bunyi aneh yang keluar dari hardisk

Salah satu cara untuk mengetahui hardisk bekerja dengan baik adalah dari bunyi. Jika Hardisk anda sehat suara yang terdengar pastinya seperti suara mesin yang berjalan dan menghasilkan getaran yang halus. Bunyi aneh yang dimaksud disini adalah bunyi yang tak lazim keluar seperti piringan yang bergesek keras seperti “crek.. crek.. crek” atau semacamnya, bisa dipastikan bahwa laptop anda dalam kondisi rusak/tidak sehat.

Solusi untuk kerusakan hardisk seperti ini adalah :, Back up semua data penting yang ada di komputer/laptop anda. Back up bisa di DVD, Flashdisk, hardisk eksternal, atau disket juga boleh hehehe... jika bunyi semakin aneh dan kasar maka hardisk anda biasanya sudah kronis, silahkan bawa ke tukang servis ataupun di jual. Hehehehe..


Back to Top