-->

Friday, November 18, 2016

INILAH CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDDISK LAPTOP LENOVO YANG PALING SERING TERJADI ()



Hay guys, kali ini saya akan membahas CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDDISK YG SERING DI ALAMI OLEH LAPTOP LENOVO.  Apa aja sih CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDDISK LAPTOP LENOVO dan kenapa ya kok bisa terjadi, yuk kita simak tips berikut :

Kerusakan harddisk adalah masalah yg selalu membuat pusing.  Seiring berjalannya waktu, setiap harddisk pasti bakal rusak, tapi bukan berarti semuanya rusak dg penyebab yg sama. Saat ini, rata-rata masa penggunaan harddisk adalah 6 tahun, kurang lebih 50%-nya bisa bertahan lebih dari itu. Biasanya, kerusakan yg terjadi pada harddisk disebabkan oleh kesalahan produksi, tetapi lebih sering lagi kerusakan disebabkan karena kita tidak memakai dan merawat harddisk dg benar.


Mendiagnosa kerusakan harddisk


Setelah mengetahui CIRI-CIRI kerusakan harddisk, mari kita mencoba mendiagnosa kerusakan harddisk.

1.       Cek virus atau malware. Data yg tiba-tiba corrupt atau menghilang bisa disebabkan oleh adanya virus/malware, begitu juga dg komputer yg sering 'hang'. Gunakan software anti-virus normal untuk membasmi virus-virus tersebut.


2.       Cek partisi harddisk. Biasanya, kegagalan partisi bisa menjadi penyebab kerusakan harddisk. Saygnya, file kadang tidak dapat dikembalikan dari situasi begini karena harddisk harus diformat dan dipartisi ulang.

3.       Cek bad sector, pada Windows, klik kanan 'My Computer', pilih 'Properties', ganti ke tab 'Tools'. Tekan tombol 'Check' maka Winows bakal mengidentifikasi bad sector. Kemudian, Windows bakal mencoba memperbaiki bad sector tersebut. Jika gagal, maka kemungkinan besar harddisk kalian sedang mengalami gradual failure.


4.       Kalau diagnosa diatas tidak bekerja, sayg sekali, kemungkinan besar harddisk kalian mengalami kerusakan mekanis/fisik dan harus diganti. Walaupun belum tentu bekerja, silahkan coba selamatkan file kalian dg aplikasi file recovery seperti 'Recuva'. Atau silahkan bawa harddisk kalian ke tempat service harddisk terdekat.

5.       Jika bisa, bongkar laptop dan cek kabel koneksi harddisk. Jika sebelumnya laptop atau komputer masih berfungsi normal, kemungkinan bukan masalah koneksinya, tapi pastikan bahwa harddisk terpasang dg baik. Buka Device Manager, lalu pastikan controller/motherboard tidak mengalami masalah atau kerusakan karena hal tersebut bisa juga menyebabkan harddisk tidak bisa digunakan.

Ada baiknya kita secara rutin mengecek CIRI-CIRI kerusakan pada harddisk untuk mengetahui kondisi harddisk kita. Semakin cepat kita mendeteksi CIRI-CIRI kerusakan pada harddisk, semakin cepat pula kita memperbaiki kerusakan tersebut sebelum terlanjur parah. Maka dari itu, mari kita simak CIRI-CIRI dan diagnosa kerusakan harddisk dibawah ini.

CIRI-CIRI kerusakan harddisk



1.       Komputer 'freeze' atau 'hang': 'Hang' dalam komputer memang biasa terjadi dan bisa diperbaiki dg melakukan reboot. Namun, jika itu sering terjadi, maka kemungkinan kondisi harddisk kalian dalam keadaan sekarat.

2.       Bad sector: Satu sector pada harddisk menyimpan beberapa data yg bisa diakses pengguna. Ada dua jenis sector, sector soft dan sector hard. Dalam banyak kasus, Windows bisa memperbaiki kerusakan soft sector dg cara memformat ulang harddisk. Tetapi, jika ada kerusakan hard sector, ini mengindikasikan kerusakan fisik, yg tidak bisa diperbaiki.

3.       Data 'corrupt': Jika kalian telah mengunduh suatu file dan menginstallnya tanpa halangan, namun tiba-tiba filenya menjadi corrupt, maka kemungkinan harddisk kalian sedang mengalami gradual failure



4.       Data menghilang: Kehilangan data bisa disebabkan oleh kerusakan mekanis dalam harddisk tersebut. Dalam berbagai macam kasus, kita biasanya mendengar suara yg tidak biasa ketika harddisk sedang kita gunakan.


5.       Suara: Kalau harddisk kalian mengeluarkan suara yg tidak biasa seperti suara berdecit atau melengking, ini merupakan berita buruk.


Kesimpulan


Memang sangat sulit memperbaiki harddisk yg sudah terlanjur rusak, namun lebih baik juga mendeteksi CIRI-CIRI kerusakan pada harddisk dg cepat agar harddisk bisa diperbaiki sebelum kerusakan bertambah parah. Saran lain adalah dg membeli harddisk cadangan dan melakukan backup data secara rutin sehingga bila harddisk kita rusak, maka data-data penting kita bakal aman dan terselamatkan di harddisk cadangan.

Gimana guys, mudahkan cara mengenali CIRI – CIRI KERUSAKAN HARDDISK LAPTOP LENOVO, nah, sekarang, tinggal kalian praktek dan apabila harddisk kalian mengalami kerusakan, segera di perbaiki. Ok guys
Back to Top