-->

Monday, November 21, 2016

OH, TERNYATA INI TOW PENYEBAB HARDISK LAPTOPKU RUSAK



Kemarin ada pertanyaan dari pembaca, tentang penyebab kerusakan hardisk. nah, dalam pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa penyebab kerusakan hardisk pada laptop agar kalian dapat berhati – hati dan dapat dengan mudah merawat hardisk anda agar tetap awet.


1.      Sering melakukan install ulang OS


Ketika kita sering melakukan install ulang operating system pada harddisk komputer/Laptop atau laprop kita dapat memicu kerusakan harddisk, biasanya hal ini dilakukan ketika komputer/Laptop atau laptop kita terserang virus dan kita tidak mau ribet jadi menggunakan cara install ulang operating  system, jika hal ini terus dilakukan, maka yang akan terjadi adalah bad sector dan ini sangat sulit untuk memperbaikinya.

2.      Usia Harddisk


Tidak dapat di pungkiri lagi jika usia adalah penyebab kerusakan pada harddisk, karena bukan hanya harddisk saja yang begitu semua komponen elektronik kalau usianya sudah tua makan lama lama akan rusak, oleh karena itu kita harus pintar dalam merawat barang elektronik agar bisa digunakan lebih lama dan awet.

3.      Over Heat


Over Heat adalah panas berlebihan pada suatu perangkat, over heat bisa terjadi di karenakan penggunaan yang berlebihan sehingga mengakibatkan perangkat harddisk mejadi panas (overheat), solusinya adalah dengan menambahkan kipas angina khusus pada harddisk atau gunakan COOLER pada laptop.

4.      Pengunaan berlebihan


Penggunaan berlebihan pada harddisk juga bisa menjadi faktor penyebab kerusakan pada harddisk, pada hal ini, maksud saya adalah menjalankan program yang berukuran besar yang tidak sesuai dengan kapasitas hardisk, semisal bermain game, memutar video atau film, mendengarkan music dengan jangka waktu yang lama bisa juga menjadi penyebab kerusakan harddisk, karena semakin sering atau lama kita online atau bermain komputer/Laptop maka harddisk membutuhkan performa yang lebih hingga mencapai batas maximal dan jika dilakukan terus menerus harddisk akan melemah dan rusak.

5.      Benturan


Benturan juga merupakan faktor terjadinya kerusakan pada harddisk, benturan ada bermacam macam bisa benturan yang ber arti sebenarnya bisa juga gesekan keras dengan benda lain, bisa juga karena terjatuh, bisa juga kena tendangan kaki, makanya, tarulah PC pada tempat yang aman. Untuk pengguna Hardisk internal, ketika kita membawa harddisk harus dengan berhati hati kalau bisa kita memakai tas pelindung harddisk, untuk laptop, jangan dikira laptop harddisknya akan aman dari benturan karna biasanya benturan yang terjadi pada harddisk laptop itu tanpa kita sadari.


6.      Mematikan paksa komputer/Laptop


Apabila anda sering mematikan komputer/Laptop tanpa melalui tombol atau perintah “shutdown” maka harddisk anda akan menurun kinerjanya, karena itulah jangan menyepelekan tombol shutdown yang ada di komputer/Laptop kita dan sebaiknya mematikan komputer/Laptop sesuai dengan prosedurnya yang baik dan benar.


7.      Tidak pernah atau jarang melakukan defrag


Defrag ideal nya di lakukan 2-3 kali dalam sebulan untuk merawat harddisk hal ini dilakukan untuk merapikan system yang tidak berurutan agar menjadi berurutan kembali, tapi jika kita jarang melakukan atau malah tidak pernah malah bisa ber akibat fatal.

Itulah beberapa penyebab kerusakan hardisk yang paling sering saya temui. Mungkin, kerusakan hardisk anda juga di sebabkan oleh satu penyebab di atas. Kalau menurut saya, kerusakan hardisk lebih sering di karenakan oleh ulah penggunanya sendiri, seperti menaruh sembarangan, membawanya dengan kasar, dan arang mendefrag.
Back to Top