-->

Monday, November 21, 2016

CARA MERAWAT HARDISK YANG BAIK DAN BENAR



Setelah kemarin kita membahas tentang 7 Penyebab keruskan harddisk, sekarang kita akan membahas tentang cara merawat harddisk agar tetap awet..

Harddisk atau Harddisk Drive adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data sekunder. Harddisk yang biasa disingkat HD atau yang dikenal sebagai Cakram Keras dalam arti bahasa Indonesia merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting didalam sebuah komputer.

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju Hardisk kian lama semakin tipis bentuk dan ukurannya, sedangkan kapasitas atau size dari Harddisk itu sendiri semakin besar. Sungguh sangat menakjubkan perkembangan dunia hardware komputer saat ini. Karena sangat pentingnya sebuah Harddisk didalam komputer, kita dituntut untuk menjaga dan merawat Harddisk agar tetap awet dan tahan lama, agar file atau data yang tersimpan di dalam harddisk tidak rusak ataupun hilang.



Apabila Harddisk yang kita miliki rusak sudah pasti file atau data yang tersimpan didalam Harddisk akan ikut hilang. Butuh biaya yang cukup mahal untuk memperbaiki Harddisk atau mengembalikan data-data yang ada didalamnya. Maka dari itu kita dituntut untuk menjaga dan merawat Harddisk kita dengan sangat baik. Berikut akan saya berikan ulasan mengenai 7 Langkah merawat harddisk agar tetap awet:


1.      Perhatikan asupan listrik untuk komputer anda


Asupan listrik yang tidak stabil dapat membahayakan Harddisk anda. Banyak kerusakan yang sering terjadi pada Harddisk dikarenakan listrik yang tidak stabil, contohnya listrik yang sering mati mendadak karena pemadaman listrik dari PLN. Jadi sebaiknya gunakanlah stabilizer atau stavolt pada komputer anda agar asupan listrik selalu stabil.


2.      Matikan komputer secara benar


Setelah selesai menggunakan perangkat komputer anda matikanlah komputer dengan cara yang benar, yaitu  dengan mengunakan perintah shut down atau turn off pada komputer. Jangan langsung mematikan komputer dengan mencabut kabel power atau langsung mematikan dari stabilizer.


3.      Lakukan Defrag atau Scandisk Harddisk secara berkala


Defrag berguna untuk menata ulang sector, file, track dan cluster pada harddisk anda. Sedangkan Scandisk berguna untuk mengecek keadaan Harddisk anda apakah sedang mengalami kerusakan atau tidak. Pastikan anda punya waktu lebih sebelum melakukan Defrag atau Scandisk Harddisk anda karena proses yang diperlukan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan sampai anda mematikan atau stop paksa Defrag atau Scandisk yang sedang berjalan, karena hal ini bisa juga merusak system kerja Harddisk anda.


4.      Install Anti Virus terupdate


Anti virus dapat menangkal virus yang bisa membahayakan Harddisk anda, dan dapat membuat kinerja Harddisk anda lebih baik. Selalu gunakan anti virus terupdate untuk perangkat komputer anda.


5.      Jangan membiarkan Harddisk anda terlalu panas


Agar Harddisk anda tahan lama jagalah suhu Harddisk anda agar tidak terlalu panas. Gunakan Cooling tambahan untuk CPU anda agar tidak menambah panas berlebih pada Harddisk. Atau gunakan cooling fan untuk laptop atau notebook anda.


6.      Hindari guncangan


Ini sering terjadi pada laptop ataupun notebook. Biasanya laptop atau notebook sering dibawa bepergian sehingga rentan terhadap guncangan. Gunakanlah tas khusus laptop/notebook jika anda akan membawa laptop/notebook kesayangan anda bepergian. Tas khusus laptop dapat melindungi atau menahan laptop anda jika terjadi benturan atau guncangan.


7.      Bersihkan debu pada komputer atau laptop


Biasakanlah untuk membersihkan komputer/laptop anda minimal sebulan sekali atau jika sudah terlihat kotor oleh debu. Debu yang hinggap dikomputer atau laptop anda dapat menumpuk disaluran udara dan dapat mengganggu kinerja komputer anda, dapat mengakibatkan panas yang berlebih yang tentunya tidak baik pada Harddisk anda.


Demikianlah 7 Langkah Merawat Harddisk Agar Tetap Awet. Semoga tips yang saya sampaikan dapat berguna dan membantu dalam merawat Harddisk anda. Ingatlah selalu pepatah mencegah lebih baik dari mengobati, maka sebelum Harddisk yang berisi data-data penting kita rusak ada baiknya kita selalu merawat dan menjaga Harddisk kita agar tetap awet dan tahan lama. Sekian dan terima kasih.

silahkan kunjungi artikel saya yang lain
Back to Top